Jumat, 21 Juni 2013

Sembilan Guru Wakili Sumsel ke Tingkat Nasional

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sebanyak sembilan guru dari berbagai tingkatan akan mewakili Sumsel dalam ajang Lomba Guru Berprestasi tingkat nasional. Mereka adalah para guru yang mendapatkan juara pertama dalam lomba guru berprestasi tingkat provinsi. Ada 71 guru yang mengikuti lomba yang digelar di Hotel Swarna Dwipa, 16-20 Juni. 

Acara ini digelar dengan tujuan untuk memotivasi dan mendorong guru untuk meningkatkan prestasi kerjanya. Menurutnya, prestasi kerja seorang guru akan terlihat dari kualitas lulusan sekolah sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif dan berkualitas.

"Mutu pembelajaran ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain guru profesional, kurikulum, sarana dan prasarana yang memadai, pengelolaan pendidikan yang efektif dan efisien,serta didukung dana operasional pembelajaran. Namun guru menjadi elemen yang paling penting, oleh karena itu guru dituntut untuk selalu dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengajar," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel H Bonny Syafrian, saat penyerahan gelar guru terbaik di Hotel Swarna Dwipa, Kamis (20/6).

Ada beberapa kategori yang diperlombakan berdasarkan tingkat satuan pendidikan, dimulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Selain itu, diadakan pula lomba untuk tutor paket C, guru Sekolah Luar Biasa (SLB), dan guru SD terpencil. Selanjutnya, pihak Disdik provinsi akan menggelar lomba kepala sekolah berprestasi pada 20-24 Juni mendatang.

Bonny menambahkan bahwa, tidak ada syarat khusus untuk seorang guru bisa mengikuti lomba ini, asal memiliki pengalaman mengajar selama delapan tahun. Tidak masalah PNS atau bukan, cukup pengalama kerja dan kreatif sebagai guru sehingga menyumbang banyak prestasi.

"Kami menargetkan kepada mereka yang mewakili Sumsel agar paling tidak mendapatkan posisi lima besar untuk setiap kategori. Ini dikarenakan pada tahun lalu, perwakilan Sumsel mampu mendapatkan peringkat lima besar untuk beberapa tingkatan," tambahnya.

Pihaknya juga akan memberikan bekal untuk para guru yang mewakili Sumsel sehingga memberikan prestasi terbaiknya. Pembekalan bisa berupa pelatihan untuk pembuatan karya tulis atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sementara itu seorang guru yang mendapatkan gelar guru terbaik, Marion SPd dari SMPN 1 Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir menuturkan bahwa dirinya senang sekaligus mendapatkan beban dengan gelar guru terbaik ini.
"Senang karena sudah dihargai sebagai guru terbaik, namun menjadi beban karena akan mewakili Sumsel ke tingkat nasional. Oleh karena itu dirinya akan mempersiapkan yang terbaik untuk perlombaan tingkat nasional," ucapnya.
Para guru menjalani lomba ini dari tes tulis, wawancara dan juga pengamatan cara mengajar oleh tim juri ke sekolah masing-masing dua minggu sebelumnya.


Nama guru yang akan mewakili  Provinsi Sumsel untuk lomba guru berprestasi tingkat nasional
 : 

Guru TK : Rosdalinah SPd (TK Negeri Kayuagung OKI)
Guru SD : Leni Novita SPd MPd (SDN 179 Palembang)
Guru SMP : Marion SPd (SMP N 1 Tanjung Raja Ogan Ilir)
Guru SMA : Drs Sugeng Setianto MSi (SMAN 3 Kayuagung OKI)
Guru SMK : Dra Hj Elis Sulastri MPd (SMKN 2 Palembang)
Tutor paket C : Musliah MPd (SKB Muara Enim)
Guru SLB : Suryana SPd (SLBB Karya Ibu Palembang)
Guru SD terpencil putri : Esniyati SPdSD (SDN 1 Muktijaya)
Guru SD terpencil putra : Ruhadi SPd (SDN 11 Tungkal Jaya)

Penulis : Kharisma Tri Saputra
Editor : Yohanes Iswahyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Days in my Life Slideshow: M-iqbal’s trip from Jakarta, Jawa, Indonesia to Singapura was created by TripAdvisor. See another Singapura slideshow. Create a free from your travel photos.
Sweet Moment in K-106, Unj-2012 Slideshow: Kelas’s trip to Jakarta was created with TripAdvisor TripWow!

Todays News

my picture

my picture
my son

Silahkan Komentar, Usul, Saran dan Bertanya disini